Program untuk Migran

7:45 AM

Selain bergabung dengan komunitas orang Indonesia di Sydney (The Rock) di Facebook, saya juga bergabung dengan Sydney Moving Guide, yang anggotanya adalah orang-orang yang ingin atau sudah pindah ke Sydney dari mana saja.
Hari ini saya mendapat info tentang program yang disediakan negara bagian New South Wales untuk para migran baru tanpa dipungut bayaran. Wah, saya terkesan sekali. Pemerintahnya kok care banget, ya. Sama migran pula. Tapi, dipikir-pikir lagi, ini memang perlu. Jika tidak migran akan menjadi beban untuk pemerintah. Para migran memang harus dipersiapkan untuk masuk ke dalam lingkungan baru, budaya baru, dan sistem baru.
Program-program mereka antara lain: kursus bahasa Inggris dari Beginner-Advanced untuk yang nilai IELTS-nya di bawah 6.5. Sementara yang di atas 6.5 dapat mengikuti kursus untuk jobseeker yang disebut Skillmax (klik). Mereka akan belajar cara memoles CV, cara wawancara, yang telah disesuaikan dengan preferensi dan citarasa Australia. Luar biasanya, mereka juga  menyediakan childcare gratis untuk migran yang memiliki anak usia prasekolah. Wah, hebat! Pemerintahnya sungguh hadir, ya.
Saya sering berandai-andai negara republik tercinta saya Indonesia sudah mampu keluar dari kesemrawutan adu kepentingan yang telah menjeratnya sekian lama. Jika Indonesia sudah mampu, dan mengalihkan energinya untuk memperhatikan warganya, alangkah lebih menyenangkannya tinggal di sini saja. Negara berlimpah sinar matahari, dengan kekayaan kuliner menakjubkan, hangat sepanjang masa, indah alamnya. Siapa tak mau? Berdoa saja untuk Indonesia. Jangan putus harap.



You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images